×
JIKA LINK (Download) & GAMBAR HILANG
Silahkan matikan Adblock Anda, atau Silahkan gunakan Google Chrome Browser!

Kelebihan Publikasikan Buku di Google Play

Siapa yang tidak mengenal Google Play, Aplikasi, Games, Film / Movie, dan Books Store center bagi OS android itu? Semua tersedia baik itu Gratis untuk didownload, dan ada juga yang berbayar dengan segala kelebihan yang dimiliki yang sangat berbeda dengan yang Gratis, itu sudah pasti!
Jika kita berdiri sebagai konsumen, maka diantara kita pasti banyak yang akan memilih yang Gratis untuk didownload. Tetapi jika kita berdiri sebagai Produsen atau dalam istilah dunia tulis-menulis adalah seorang Publisher atau Penulis, mana yang akan kita pilih? Kita terbitkan karya kita di Google Play dengan status Gratis untuk didownload para Readers, atau dengan status Berbayar dengan harapan bisa menghasilkan sejumlah materi darinya.
Mungkin, banyak Penulis ingin menerbitkan karyanya via Publisher / Penerbit dengan tujuan utamanya adalah mendapatkan sejumlah materi untuk membayar segala kerja kerasnya dalam membuat karyanya itu. Dan sedikit Penulis yang ingin menerbitkan naskah bukunya untuk dibagikan secara gratis dengan tujuan utama naskahnya tersebut adalah karna hobi menulis dan ingin berbagi tanpa pamrih, jika naskahnya itu dapat menghasilkan materi baginya, itu adalah bonus bagi kerja keras dan kemuliaan hatinya tersebut.
Disini saya tidak akan membahas perihal untungnya menerbitkan naskah buku versi berbayar atau berlabel berbayar di Google Play, karna siapapun pasti tahu apa untungnya. Untuk ruginya? Pasti sudah tahu pula, bagi Penulis Pemula atau namanya belum dikenal banyak Pembaca, ruginya terletak diminat para pembaca itu sendiri. Biasanya, meski pembaca tertarik dengan tampilan buku kita dan sinopsis/deskripsinya, ketika melihat status dari buku kita adalah Berbayar (berapapun nilainya) maka tak lama buku kita itu ditinggalkan dengan kata; "Yaahh bayar!" Jika hanya satu Pembaca yang modelnya seperti itu, mungkin tidak masalah, tetapi bagaimana jika satu juta Pembaca seperti itu? Mengingat satu milyar lebih pengguna OS Android dan Pengguna aktif aplikasi Google Play Store tersebut.





Dengan mengingat tentang hal diatas, terfokuskan di jumlah Pengguna aktif Google Play Store. Apa untungnya menerbitkan Buku di Google Play tapi dengan status Gratis, bukannya Berbayar? Inilah kelebihan menerbitkan buku di Google Play Store dengan status Gratis untuk didownload oleh semua Pengguna aktif Google Play Store.
Mungkin di beberapa point tidak ada yang tau sebenarnya apa saja kelebihan itu. Diantaranya adalah sebagai berikut;
1. Dapat Pahala.
InsyaAllah, itu sudah pasti. Amin!
2. Lebih Cepat Populer.
Karya kita akan cepat lebih dikenal oleh banyak pembaca dibanding buku yang berlabel Berbayar. Tidak percaya? Silahkan cek salah-satu Novel saya yang kualitasnya jelek itu di Google atau Di Google Play Store. "Peri di Seberang Bukit Pelangi" judulnya. Ada dua versi yang saya terbitkan disana, versi yang pertama hanya berisikan 4 halaman, adalah hanya berisi sinopsis saja, dan yang kedua; versi berbayar, berisikan 166 halaman, full novel. Disitu kita bisa lihat perbedaannya yang amat sangat mencolok. Apakah itu strategi saya dalam menjual buku saya? Nanti saya kupas-tuntas dilain tulisan cerita saya tentang Bonus dari Google Play Store.





3. Menghasilkan Sejumlah Materi.
Katanya dipublikasikan dengan diberi label Gratis, tapi kenapa dikatakan bisa hasilkan sejumlah uang seperti buku dengan label berbayar? Jangan bingung, sebenarnya ketika kita publikasikan buku kita dengan status Gratis, masih ada kemungkinan buku kita itu hasilkan sejumlah uang. Bagaimana? Simple, ini beberapa point penjelasannya;
- Harus anda tahu, tidak semua pembaca senang membaca buku di depan Smartphone-nya lama-lama. Dengan berbagai alasan pula. Disitulah kelebihannya, ketika si Pembaca senang dengan karya kita maka dia akan menanyakan dimana ia bisa dapatkan buku kita yang versi fisiknya tersebut? (Itu yang saya alami) Kita bisa memproduksi sendiri buku itu dalam versi buku fisik tersebut dengan catatan; buku kita yang versi Ebook yang terdapat di Google Play disematkan keterangan kemana pembaca harus mencari buku versi fisik anda tersebut, bisa berupa alamat toko buku nyata atau link terkait yang dibutuhkan si Pembaca untuk memesan buku kita tersebut.
- Semakin populer, semakin bagus pula peluang buku kita sampai kepada para publisher besar. Biasanya Publisher besar hanya akan mencari Penulis yang sudah memiliki popularitas yang cukup dimata publik. Mereka akan menanyakan apakah buku kita sudah mempunyai Penerbit yang menerbitkan buku fisik kita atau belum? Dan yang sering terjadi adalah para Publisher besar akan menanyakan; Apakah kita mempunyai karya lainnya yang ingin diterbitkan di Penerbit meraka, dan apakah kita sudah terikat kontrak dengan Penerbit lainnya? Itulah peluang emasnya!
- Jika kita beruntung, pasti ada Produser atau Sutradara atau Pihak Kreator Film dari sebuah Home Productions yang mem-follow-up buku kita tersebut, ketika buku kita itu menjadi populer dan booming dimana-mana maka mereka tidak akan segan saling berlomba memenangkan hati kita untuk menyunting hasil karya tersebut untuk diboyong ke kantor mereka, untuk digarapnya menjadi sebuah film layar lebar, mini series, atau mungkin mereka meminta kita kembangkan cerita tuk dijadikan sebuah film sinetron. Ini biasa terjadi pada buku berkategori buku fiksi.
Itulah beberapa kelebihan menerbitkan buku versi gratis di Google Play. Apakah anda punya point lain mengenai hal di atas? Sebutkan saja, jangan malu! Kolom komentar menunggu anda

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Publikasikan Buku di Google Play"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel