×
JIKA LINK (Download) & GAMBAR HILANG
Silahkan matikan Adblock Anda, atau Silahkan gunakan Google Chrome Browser!

Komputer: Aplikasi PC ScreenShot Yang Selama Ini Tersembunyi


Jika ditanya bagaimana caranya ambil screen capture atau screenshot pada sebuah smartphone tanpa aplikasi tambahan dan tanpa tekan tombol? Atau kode rahasia untuk fitur screenshot pada smartphone? Mungkin semua pengguna smartphone sudah paham dan mengerti bagaimana caranya. Mungkin ada yang menjawab;
  •  Dengan menekan tombol Power + tombol Home secara bersamaan.
  •  Dengan menekan tombol Volume bawah + tombol Home secara bersamaan.
  •  Dengan cara Screenshot di Android Tanpa Tekan Tombol lebih mudah dan bisa mencegah kerusakan pada tombol smartphone untuk jangka waktu yang lama memakai aplikasi.
  • Dan lain sebagainya. (Itu jika memang ada yang lain daripada yang sudah disebutkan diatas)
Tapi ketika ditanya tentang bagaimana caranya menggunakan fitur screenshot tersembunyi pada komputer/notebook/Laptop? Mungkin sedikit orang atau mungkin tidak ada banyak yang tau tentang perihal tersebut. Karena pada umumnya para pengguna Kompter dalam mengambil ScreenShot itu terpaku pada software-software pendukung dari pihak ketiga. Yang memang lebih unggul dalam hal mendukung kreatifitas si penggunanya dan hasil yang memang lebih bagus ketimbang tools bawaan dari windows itu sendiri.
Pada dasarnya Komputer pun nyaris mirip dengan Smartphone dalam hal fitur screenshot yang tersembunyi. Hanya saja smartphone lebih condong mendekati kata; kode tersembunyi untuk screenshot, bukan; Tools tersembunyi untuk screenshot. Karna untuk kalimat itu hanya komputer lah yang memilikinya.
Lalu bagaimana caranya menemukan Tools tersembunyi untuk screenshot pada komputer itu? Ini dia Tipsnya;
  1.  Buka Windows Start
  2.  All Programs >> Accessories >> Snipping Tools.
  3. Snipping Tools. Adalah sebuah Alat aplikasi bawaan dari Windows. Sangat berguna untuk mengambil sebuah capture screenshot pada perangkat komputer. Adapun fitur dari Snipping Tools adalah sebagai berikut;
  • Free-form Snip. Draw a free-form shape around an object
  • Rectangular Drag the cursor around an object to form a rectangle.
  • Window Snip. Select a window, such as a browser window or dialog box, that you want to capture.
  • Full-screen Snip. Capture the entire screen.
Tools ini sangatlah berguna untuk semua orang. Karena tools ini tidak memakan RAM yang berlebihan pada komputer. Oleh karena itu, tools ini selalu saya gunakan untuk keperluan ketika saya sedang menulis artikel tentang tutorial seputar dunia komputer karena memerlukan sebuah gambar untuk kelengkapan artikel tutorial komputer tersebut.
Kelebihan Tools ini adalah tampilannya simple dan tidak memakan banyak RAM. Sedangkan kekurangannya adalah hasilnya terlalu standart, tools untuk editing hasil screenshot terlalu standart dan minim.

Jika kita butuh yang simple, kita bisa pakai Tools bawaan windows yang satu ini. Tapi jika kita butuh hasil screenshot yang sangat menakjubkan, silahkan, anda bisa mencoba software screenshot dari pihak ketiga yang penuh segudang kelabihan dari dalam softwarenya namun dengan size file yang kecil dan tidak memberatkan kinerja RAM komputer.

Belum ada Komentar untuk "Komputer: Aplikasi PC ScreenShot Yang Selama Ini Tersembunyi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel