×
JIKA LINK (Download) & GAMBAR HILANG
Silahkan matikan Adblock Anda, atau Silahkan gunakan Google Chrome Browser!

Memperbaiki Mesin Fotocopy Canon Seri IR yang Rusak


Seharian ini pekerjaan saya menumpuk. Orderan buku berjenis softcover dari sebuah Lembaga Instansi Pemerintahan Daerah ke perusahaan percetakan tempak saya bekerja sedang banyak-banyaknya.
Karna itu pula saya harus mengambil jam lembur. Hampir 3 minggu saya lembur. Tapi ketika hari sabtu tanggal 08 Februari 2014 kemarin saya tidak ambil lembur. Karna memang untuk hari sabtu dan minggu saya libur. Dan karna alasan utamanya adalah takut istri saya melahirkan. Dan benar saja, pada tanggal tersebut saya dikaruniai seorang anak laki-laki tampan dengan berat badan 3,3kg. Yang kini saya beri nama "Afnan A. Febriansyah".
Kembali ke judul. Bisa bayangkan. Setiap hari lembur. Pesanan buku banyak. Otomatis mesin Fotocopy (Cannon seri IR) yang saya pegang pun banyak aktifitasnya. Hingga kerusakan dan error mesin pun sering terjadi.
Karna jika harus menunggu teknisi untuk membenarkan itu butuh waktu untuk menunggu kedatangannya. Dengan sedikit percaya diri, saya memberanikan diri memperbaiki sendiri mesin yang rusak itu.
Adapun kerusakan dan solusi memperbaikinya, sbb:
1. Kertas selalu macet di sebelah kanan mesin. Itu berarti ada yang tidak beres dgn kertas, spoonroll, atau sensor paper-nya. Coba saja bersihkan dahulu. Takut kotor karna debu atau toner yang berceceran dari box rollmagnet toner.
2. Kertas macet di unit 1, diatas wire. Coba cek wire, pemanas, dan web-nya. Bisa jadi wire-nya yang kotor, maka bersihkan dengan blower khusus untuk mesin fotocopy. Pemanasnya yang ada goresan, biasanya menyebabkan toner menempel dan kertaspun ikut menempel. Atau web-nya yang habis, maka ganti lah dengan yang baru. Jika darurat, maka balikan web, dimana posisi web yang masih bersih digunakan, agar sedikit hemat biaya pengeluaran.

Mungkin itu saja kerusakan yang saya alami beberapa hari ini. Memang masih banyak kerusakan lainya. Jadi, jika ada pertanyaan, tulis saja di box comment di bawah. InsyaAllah saya pasti bantu.
Jika error terjadi. Contoh : Error 00001-00010. itu adalah problem pada pemanas. Solusinya, earse error, lalu matikan mesin dahulu. Lalu biarkan mesin dalam keadaan mati beberapa jam ke depan. Lalu hidupkan kembali.

Hal lucu. Terjadi di hari kemarin antara saya dan teknisi. Waktu itu saya sedikit kesal karna teknisi datang lama untuk membenarkan mesin. Karna memang saya sudah tahu apa kerusakannya, maka saya sendiri lah yang membetulkan. Kerusakan ada pada Drum yang problemnya adalah kotor. Saya perbaiki. Dan hasilnya, mesin pun sehat kembali sebelum teknisi itu datang.
Setibanya teknisi itu datang dan tahu apa yang terjadi.
Ia berkata; "Kalau semua Operator macam anda, saya bisa-bisa berhenti mendadak jadi teknisi!" sembari tertawa.
Saya pun menjawab, "sebaliknya, saya juga bisa mati kesal bersama mesin ini karna harus menunggu kedatangan anda yang sudah seperti orang penting dari kalangan pemerintahan saja!" saya ikut tertawa.
:D



2 Komentar untuk "Memperbaiki Mesin Fotocopy Canon Seri IR yang Rusak"

  1. Bayu Indra30/11/16

    kalau error kode keluar nya itu 0021-0001 itu apa ya mas?
    Setiap dinyalahkan mesti saja error

    BalasHapus
  2. Itu biasanya terjadi karna developing toner mengalami kekosongan, atau sensor box developing toner bermasalah, silahkan cek bagian itu, terutama kabel sensor developing tonernya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel