×
JIKA LINK (Download) & GAMBAR HILANG
Silahkan matikan Adblock Anda, atau Silahkan gunakan Google Chrome Browser!

Cara Paling Mudah Membuat Aplikasi dan Game Android

Serasa sudah beberapa abad saya tidak lagi menulis disini. Padahal sebenarnya baru saja beberapa bulan. Atau mungkin jika saya tidak keliru tulisan ini tulisan kali pertama saya di tahun 2015 ini. Semoga di tahun 2016, 2017, atau bahkan di tahun selanjutnya saya tidak mengulangi hal itu. Amin! Menulis harus tetap berjalan meski harga BBM, sembako, atau dunia politik sedang memanas. Karna menulis adalah bagian dari seni, lifestyle, atau mungkin sebuah identitas peradaban manusia untuk dimasa selanjutnya nanti.
Sebenarnya saya tidak meninggalkan blog ini. Apalagi berniat mencampakannya begitu saja. Semua ini karna beberapa bulan ini saya sudah mulai sibuk dengan peranan saya sebagai seorang Ayah + Suami. Dimana saya harus lebih giat bekerja sebagai kuli. :) Belum lagi malamnya saya harus menyelesaikan beberapa naskah-naskah saya berbentuk Cerpen, Novel, Kumpulan puisi, Kumpulan Tweet, dll, untuk saya terbitkan di pasar Buku dan Ebook terbesar di dunia online ini. Ya, Amazon Book Store. Jika ingin berkunjung melihat karya-karya saya bisa melihat di halaman pribadi penulis Amazon Book Store milik saya disini.
Belum cukup disitu, saya merambah ke Google Play, tepatnya adalah Google Play & Google Book Store, disana pun saya terbitkan karya-karya saya. Ini karya-karya sederhana saya. Silahkan dilihat.
Belum cukup disitu juga, saya pun sedikit memecut optimisme saya untuk mecoba menerbitkan buku saya di Gramediana, salah satu bagian dari Gramedia Group. Dan bersyukur, ketika tulisan ini dibuat, salah satu novel saya yang berjudul Peri di Sederang Bukit Pelangi sudah masuk bagian editing, dan beberapa hari lagi siap launching di Gramediana Online Book Store.
Itu baru kesibukan saya di dunia tulis-menulis yang memang sejak dari bangku sekolah saya sudah cintai. Belum satu lagi. Apa? Sesuai judul! Ya, saya senang dengan dunia pemograman. Terutama dengan berhubungan dengan pemograman sebuah aplikasi & game untuk sebuah OS handphone. Tapi ini hanya sebatas suka lho ya, bukan cinta! Karna hanya dengan rasa suka, saya bisa saja meninggalkan dunia itu jika saya sudah merasa lelah dan bosan. Beda lagi dengan cinta, seperti saya cinta kepada dunia tulis-menulis, mau bagaimana pun saya, saya tetap susah untuk meninggalkan dunia menulis ini. :)
Android

Membuat Aplikasi dan Game Android. Jika hanya dibayangkan mungkin mudah. Jika hanya memikirkan soal pemogramannya mungkin sangat sulit. Tahukah anda, sebenarnya susah atau mudahnya Membuat Aplikasi dan Game Android, IOS, atau Windows Mobile, atau Flash sekalipun, itu bukan tergantung dari skill kita. Karna skill itu bisa kita bangun dari Nol! Lalu tergantung apa? Jawabannya; Tergantung kepintaran kita memilih sarana atau software atau alat utama untuk membuat aplikasi dan game tersebut. Kita pastikan dahulu aplikasi atau game sepertia apa yang akan kita buat. Dan fokuslah pada satu project, jangan sesekali menimpa-nimpa project yang belum jelas endingnya. Jika sudah ada bayangan maka ini waktunya kita memilih Software apa yang pantas kita download dan pakai untuk membuat aplikasi atau game android.
Jujur, beberapa bulan ini saya sudah mencoba beberapa software untuk membuat aplikasi dan game android, ios, windows mobile, sampai-sampai flash pun pernah saya coba. Ini daftar software yang pernah coba. Baik itu Software offline yang saya download dahulu lalu saya instal di PC/Komputer, atau Software online yang saya gunakan hanya dengan modal koneksi internet untuk menuju sites penyedia layanan tersebut.

  1. APPYET. Sebenarnya ini bukanlah sebuah software, tapi melainkan sebuah situs yang menyediakan layanan untuk membuat sebuah aplikasi android. Yang saya tahu hanya aplikasi, untuk membuat sebuah game saya belum pernah mencobanya. Dan saya pernah membuat sebuah aplikasi dari sana. Dan hasilnya saya share di App Store milik Amazone. Dengan nama aplikasi "Hujan Puisi". Dan nama Developer saya; AF9 MEDIA.
  2. Game Maker Studio. Software ini khusus untuk membuat game 2D dan 3D. Baik itu android, ios, flash, windows mobile, ataupun windows pc. Hanya saja jika kita mendownload yang versi free, kita hanya bisa menghasilkan game berbentuk *.swf atau game flash. Untuk format lainnya ada di versi Standart, dan berbayar. 
  3. Stencyl. Software ini hampir sama dengan yang diatas.
  4. Flash Develop. Software ini menurut saya mudah digunakan dan terlebih adalah full gratisan, mudah dalam pemograman. tapi bagi saya pribadi, ada yang sulit tentang software ini. Dalam penginstalan kadang terjadi error. Aplikasi sering carsh/rusak/gagal ketika launcing. Kadang kegagalan ada pada flash player plug-in-nya. Belum lagi size file software + sdk + file-file pendukung lainnya adalah file kudanil semua, alias very very big size files.
  5. AAPMK. Adalah sebuah software untuk membuat sebuah aplikasi android saja. Software ini terdiri beberapa bagian untuk membuat aplikasi android seperti; Pembuat aplikasi majalah elektronik / Ebook. Pembuat Wallpapers Live / Wallpapers bergerak. Pembuat aplikasi pemutar musik. Tapi ada beberapa sumber menyediakan semua bagian itu dalam satu paket. Jika berminat cari saja di mesin pencarian dengan mengetik; AppMK Android Software Pack rar kalau tidak salah size filenya 142.26MB
  6. Android Studio. Software resmi dari Google ini cukup terbilang kumplit. Dengan ukuran 828.11MB sudah berikut SDK-nya. Untuk pemograman dalam pembuatan aplikasi atau game android, kita dituntut extra kerja keras dalam mempelajarinya. Jangan bilang sulit dahulu, karna pihak google telah menyediakan tempat bagi kita yang ingin mempelajari cara pemograman aplikasi dan game android yang benar itu yang bagaimana. Bagi saya software ini mudah dipelajari. Yang sulit itu adalah saat mengoprasikannya. Kadang saya mendapati program ini sering crash/rusak. SDK Manager tidak mau keluar. Belum lagi emulator-nya yang sering error. Mungkin karna PC yang saya gunakan kurang mumpuni untuk ukuran program Android Studio ini. Mungkin karna RAM PC saya hanya 2GB, sedangkan Android Studio membutuhkan paling sedikitnya RAM 2GB. Jika dalam PC saya hanya ada Android Studio, mungkin saya lancar menggunakannya sampai saat ini. Tapi kenyataanya saya berhenti menggunakannya, karna saya kasihan kepada PC saya. Saya takut PC saya meledak karna tak mampu memenuhi tuntutan kinerja dari Android Studio ini. :-D Overall, Software ini sedang populer dikalangan Developer Android.
  7. Game Salad Studio. Software ini hampir sama seperti Game Maker Studio dan Stencyl.
  8. Unity. Software ini asal mula dari Android Studio. Prinsip kerja hampir sama seperti Android Studio. Karna software ini memang adalah badan masalalu-nya Android Studio. Tapi kita bisa mendownload dan menggunakannya. Tapi saya sarankan, lebih baik menggunakan Android Studio dibandingkan Software yang satu ini, karna Android Studio adalah penyempurnaan dari Unity.
  9. AppInventor 2. Software ini ada dua macam. Online dan Offline. Online; Appinventor Klasik dan Appinventor 2. Offline; Appinvetor 2 Offline + AI2Complete. menurut saya pribadi, software ini yang paling mudah untuk membuat aplikasi atau game android. Dalam pemograman kita hanya perlu menggabungkan sebuah perintah pemograman yang berbentuk Snipet block. Dan ketika artikel ini ditulis pun, saya masih menggunakan software ini untuk membuat aplikasi atau game android. Jika tertarik silahkan kembali anda cari di mesin pencarian dengan langsung menembak nama file software ini untuk di download full gratis, dengan mengetik; MIT App Inventor Tools 2.3.0 setup exe untuk software setup-nya. Dan; AppInventor Offline 02May14 zip
Mungkin itu saja yang bisa saya share kali ini. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Dan software-software yang sudah pernah saya download dan coba adalah murni Software Pembuat Aplikasi dan Game versi Gratisan, bukan versi yang berbayar. Jadi jika ada yang mengatakan beda dengan apa yang saya tuliskan, mungkin seseorang itu lebih segalanya dari saya dalam hal skill dan materi.
:)
Note: Satu hal terpenting jika kita ingin serius dalam bidang yang satu ini. Perdalamlah bahasa Inggris kita. Karna jika kita kurang mengerti bahasa inggris, maka itulah yang akan menjadi satu dari beberapa hal terberat kita dalam mempelajari bidang ini selanjutnya nanti.
Selamat mencoba dan Semoga Sukses!

Belum ada Komentar untuk "Cara Paling Mudah Membuat Aplikasi dan Game Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel